Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dengan Mudah

Mempunyai merupakan hal paling bahagia yang akan kita rasakan, namun bagaimana jika bayi anda reweld an sering menangis? Pasti akan membuat anda pusing tujuh keliling. Anda perlu waspada jika bayi anda sedang menangis. Bayi yang sering menangis biasanya sedang merasakan rasa tidak nyaman pada dirinya. Periksalah apakah bayi anda sedang sakit atau tidak. Biasanya, anak-anak yang menangis karena merasakan hal yang tidak enak diperutnya seperti perut kembung. Nah, kali ini kita akan membahas Cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Tanda Perut Kembung pada Bayi

Jika bayi mulai rewel dan menangis, coba periksa bagian perut bayi anda. Jika perut bayi terasa keras dan sering buang angin, ini berarti bayi anda terkena perut kembung. Jika bayi anda sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang, anda harus mencurigai perut bayi anda sedang kembung. Cara mengatasi perut kembung sebenarnya cukup sederhana. Cara yang pertama adalah dengan cara meletakan bayi anda di atas Kasur dengan posisi terlentang, olesi perut bayi dengan minyak telon dan minya kayu putih agar angin dari perut cepat keluar.

Agar tidak terulang lagi, usahakan agar menjaga posisi bayi anda saat minum susu, gendonglah bayi dengan posisi yang terlentang. Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang lain yang dapat anda lakukan adalah memijat perlahan perut anda dengan gerakan searah jarum jam. Cara ini dapat dilakukan pada posisi tidur. Selain itu anda dapat mengusap-ngusap punggung bayi anda, hal ini dilakukan untuk melancarkan pernapasan dan sirkulasi darah pada bayi anda. Untuk mencegah bayi anda terkena perut kembung, usahakan untuk memberi minum susu bayi anda sebelum dia lapar. Karena perut yang kosong tertan terkena gangguan perut kembung.

Perut kembung bisa diakibatkan oleh beberapa hal, hal pertama adalah makanan yang dikonsumsi ibu. Jika si ibu salah memakan makanan, maka asi yang akan dihasiilkan akan bermasalah. Usahakan untuk memakan makanan yang tidak mengandung gas. Makanan pada si bayi juga perlu diperhatikan, jika bayi anda sudah bisa memakan sayuran, usahakan jangan terlalu banyak memakan brokoli karena dapat membuat kandungan gas pada perut bayi anda meningkat. Pilih lah dot yang memiliki ujung kecil, dot yang memiliki ujung besar akan membuat udara yang masuk ke perut bayi anda semakin banyak, hal ini dapat membuat perut anak anda kembung.Nah, begitulah tips dan juga cara mengatasi perut kembung pada bayi anda, semoga bisa membantu.

Be Sociable, Share!