Cara Menggendong Bayi Yang Baik dan Benar

Memiliki seorang bayi tentu menjadi dambaan setiap pasangan yang telah menjalani pernikahan, imut, lucu dan menggemaskan membuat siapa saja yang melihat pasti ingin menggendongnya. Namun kebanyakan para ibu muda masih belum mengetahui cara menggendong bayi yang benar, mereka sedikit takut ketika mau menggendong bayi, meskipun itu bayinya sendiri. Mereka takut jika terjadi apa-apa pada bayi jika salah dalam menggendong bayi.

Sebaiknya jangan merasa takut, walaupun bayi terlihat sangat mungil dan masih lemah tapi dengan sedikit belajar cara menggendong bayi serta kepercayaan diri maka naluri seorang ibu akan membantu anda untuk dapat menggendong bayi dengan nyaman. Menggendong bayi merupakan salah satu cara untuk kita berkomunikasi dengan bayi, sehingga pada saat menggondong serta menimang bayi akan membuat bayi merasa nyaman dan merasa lebih dekat dengan orang tuanya.

Saat menggendong bayi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni kekuatan leher, punggung, hingga kepala pada bayi yang baru lahir sampai berusia tiga bulan sebenarnya belum memiliki keseimbangan yang baik, bayi masih belum mampu untuk menyangga tubuhnya sendiri, baik itu pada leher maupun pada punggung. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara menggendong bayi yang benar agar bayi merasa nyaman ketika digendong. Berikut cara menggendong bayi sesuai dengan perkembangannya yang mungkin bisa membantu anda untuk dapat belajar menggendong bayi :

Usia 0 – 3 Bulan

Diusia ini struktur tulang bayi masih lemah, baik itu pada tulang leher maupun pada tulang punggung bayi. Maka dari itu gendonglah bayi anda dengan cara membaringkan bayi pada lengan anda dengan posisi kepala disiku dan lengan menyangga tulang punggung dan pantat bayi. Jika posisi gendongan anda sudah tepat maka bayi anda akan merasa nyaman dan biasanya bayi akan tertidur pulas ketika digendong.

Usia 4 Bulan

Jika bayi sudah berumur 4 bulan, mulailah memberikan pariasi dalam menggendong bayi. Hal ini bertujuan agar bayi tidak merasa bosan dengan posisi gendongan dengan berbaring. Cara menggendong bayi usia 4 bulan dengan posisi duduk cukup mudah, dudukan bayi pada pangkuan anda dengan lengan menyangga pantat dan kepala bersandar di dada anda dengan posisi bayi menghadap kedepan.

Usia 5 Bulan

Pada usia 5 bulan, bayi sudah mampu untuk menopang atau menyangga sendiri kepalanya jika digendong dengan posisi duduk. Jadi kepala bayi sudah tidak lagi bersandar pada dada sang ibu, karena bayi sudah mulai bisa menopang sendiri kepalanya.

Usia 6 Bulan

Usia ini mungkin bisa dikatakan usia sempurna pada bayi, karena diusia 6 bulan bayi sudah benar-benar mampu untuk menopang sendiri kepala hingga punggungnya, jadi sang ibu bisa menggendong bayi dengan posisi apa saja, misalnya menggendong dengan cara meletakkan bayi di pinggang dengan posisi kaki bayi melingkar di pinggang ibunya hingga menggendong bayi dengancara meletakkannya diatas bahu, sehingga akan menimbulkan keceriaan bagi si kecil.

Itulah beberapa cara menggendong bayi sesuai dengan perkembangannya. Jadi bagi anda ibu muda jangan pernah takut jika menggendong bayi, asalkan sudah mengetahui posisi menggendong bayi yang benar. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda semua.

Be Sociable, Share!