Gaya Hidup Vegetarian dan Cara Memulainya

Saat ini makin bayak orang yang menerapkan gaya hidup vegetarian. Kebanyakan orang memulai gaya hidup ini karena alasan kesehatan. Ada juga yang baru terkena penyakit lalu memutuskan untuk menjadi vegetarian. Meskipun kelihatannya sulit, tetapi jika dijalankan dengan serius pasti lama kelamaan akan terbiasa. Gaya hidup vegetarian berarti pola hidup tanpa mengkonsumsi makanan hewani dan memilih untuk mengkonsumi bahan makanan nabati. Menjalankan gaya hidup seperti ini bukanlah paksaan. Sebelum memutuskan menjadi vegetarian, maka anda harus mempertimbangkan dengan baik. Perubahan pun dilakukan secara bertahap dan tidak bisa secara instan. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai gaya hidup vegetarian.

Memulai Menjadi Vegetarian

Kebanyakan orang berpikir bahwa menerapkan gaya hidup vegetarian berarti hanya mengkonsumsi produk nabati. Padahal ada beberapa jenis pola makan vegetarian. Ada semivegetarian atau flexitarian. Mereka mengonsumsi makanan dari tumbuhan, namun masih mengonsumsi daging, produk susu, telur, unggas, dan ikan pada sesekali atau dalam jumlah yang sedikit. Ada juga lacto vegetarian. Pola makan ini tidak memasukkan daging, ikan, dan unggas di dalam menu makanannya. Tapi di lain sisi masih mengonsumsi produk-produk yang dihasilkan dari susu, seperti keju, yogurt, dan mentega. Kemudian ovo-vegetarian. Kondisi ini mirip dengan lacto vegetarian. Kelompok vegetarian ini tidak mengkonsumsi daging, ikan, unggas, atau produk susu, namun masih memperbolehkan konsumsi telur. Terakhir adalah vegan yang merupakan pola makan vegetarian yang paling ketat dengan meniadakan konsumsi daging, ikan, unggas, telur, susu, serta produk olahan susu ke dalam dietnya.

Tentunya menjadi vegetarian membutuhkan tahap-tahap yang perlu diperhatikan. Dari pada langsung berhenti tidak mengkonsumsi asupan hewani, cobalah untuk mengurangi saja secara bertahap dan tingkatkan konsumsi makanan nabati setiap minggu. Cobalah untuk mencari pengganti daging. Sebagai asupan protein, anda bisa menggunakan tempe atau tahu goreng. Jika bosan dengan menu yang itu-itu saja, silahkan cari menu dan resep vegetarian di internet atau buku. Pilih yang sesuai dengan selera anda. Makin banyak jenis makanan yang anda konsumsi, maka makin besar kemungkinan asupan nutrisi dapat terpenuhi. Demikianlah sedikit pembahasan mengenai gaya hidup vegetarian.

Be Sociable, Share!