Tindakan Yang Tidak Boleh Dilakukan di Awal Karier

Sebagai pegawai baru di suatu perusahaan, baik di ibu kota, maupun di kota-kota kecil. Anda pasti kadang-kadang dapat melakukan kesalahan yang pada akhirnya mengancam perkembangan karier Anda. Tindakan apa sajakah yang sebaiknya tidak dilakukan dari awal untuk dapat menghindari masalah karier?

  1. Minta naik upah

Seringkali para karyawan baru yang bekerja belum sampai setengah tahun mulai minta naik gaji tanpa mencapai hasil kerja yang cukup signifikan. Kesalahan ini merupakan paling mendasar dan serius di dunia kerja. Tambahan pula, bertindak seperti itu dapat memberikan imej buruk kepada diri Anda sendiri.

  1. Sering bolos

Bulan-bulan pertama pasti adalah periode yang paling sulit bagi setiap karyawan baru dan membutuhkan adaptasi serta bantuan para kolega. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda dapat sering minta izin untuk tidak masuk kerja baik karena alasan yang serius, maupun yang tidak masuk akal sama sekali.

  1. Berdebat

Walaupun Anda melihat bahwa kolega Anda memberikan ide yang kurang bagus dan Anda tahu lebih tentang topik tersebut, tetaplah jangan terlalu menampakkan diri bahkan kalau Anda lebih bisa dibanding dengan rekan kerja tersebut. Hal ini dapat menambahkan kesulitan ke dalam komunikasi Anda dengan para rekan kerja yang mungkin saya dapat menjatuhkan diri Anda sendiri.

4. Terlalu ikut-ikutan rekan kerja

Jangan pernah memaksakan diri supaya diterima kilat dalam lingkungan kantor. Sehingga Anda memaksakan diri sok kenal dan sok dekat pada rekan-rekan kerja. Ada-ada saja yang akan merasa terganggu dengan kondisi tersebut. Bukannya diterima Anda malah dicap sengaja memaksakan diri supaya diterima oleh rekan-rekan lain.

  1.  Menjilat atasan

Jangan juga bertindak menjilat atasan, maksudnya berusaha menyenang-nyenangkan atasan sengaja melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan rekan-rekan lain untuk mendapatkan apresiasi atasan. Bukan hanya rekan-rekan lain jengah tetapi juga atasan bisa melihat kalau Anda penjilat.

  1. Tidak jaga Pendirian

Walaupun Anda hanya mulai bekerja, jangan bertindak sebagai bunglon yang ikut pada kelompok yang aman saja. Anda tetap harus punya pendirian, supaya rekan-rekan lain bisa menghormati Anda.

Be Sociable, Share!